Selasa, 25 Juni 2019

CARA MENGHUBUNGKAN 3 JARINGAN DARI 3 ROUTER YANG BERBEDA



Hai, semua 😉 Apa kabarnya? kuharap kalian sehat dan bahagia selalu😀
Kali ini aku dapat ilmu baru tentang CARA MENGHUBUNGKAN 3 JARINGAN DENGAN 3 ROUTER YANG BERBEDA dan aku ingin berbagi kepada kalian, semoga ber manfaat 😊




Silahkan perhatikan dan pratikan langsung dengan aplikasi Cisco mu 👍


  1. Buka aplikasi Cisco-nya. Disini aku gunakan Cisco Packet Tracer Student versi 6.2.
  2. Setelah itu bikin 3 rangkaian dengan 3 router berbeda seperti gambar berikut. Disini, aku gunakan router type 2621XM dan kabel Automatically Choose Connection Type.
  3. Lalu atur IP Configuration pada setiap server. Caranya : Klik Server >> Dekstop >> IP Configuration (disini aku gunakan IP yang berbeda untuk setiap Server dengan Kelas yang berbeda pula, Untuk Default Gateway juga disesuaikan dengan kelas IP-nya). Bisa liat gambar berikut.
    SERVER 0

    SERVER 1

    SERVER 2
  4. Jangan lupa setting DHCP untuk setiap server. Caranya : Klik Server >> Services >> DHCP >> atur menjadi seperti gambar berikut (sesuai dengan IP Configuration sebelumnya) >> Jangan lupa klik Save.
    DHCP SERVER 0

    DHCP SERVER 1

    DHCP SERVER 2
  5. Atur IP untuk setiap PC menjadi DHCP (otomatis). Caranya : Klik PC >> Dekstop >> IP Configuration >> pilih DHCP.
  6. Tambahkan Port pada setiap Router dengan cara yang sama. Klik Router >> Physical >> pilih NM-4A/S. Jangan lupa, untuk menambahkan Port pastikan dulu routernya di off-kan.
    Tampilan awal 

    Proses Pengaturan

    Setelah Pengaturan
  7. Hubungkan setiap router dengan kabel Serial DTE.
  8. Setting Config pada semua router agar kabel saling terhubung. Caranya Klik Router >> Config >> lalu atur seperti gambar berikut. (Pastikan setelah di atur, klik ON).
  9. Lalu lakukan RIP Routing. Caranya : Klik Router >> Config >> pilih RIP >> pada Network isikan semua IP Address dan IP Gateway yang ada di port serial. Silahkan ikuti gambar berikut.
    Tampilan Kabel yang belum terhubung tidak berwarna hijau

    Tampilan Kabel yang sudah terhubung semua
  10. Langkah terakhir, pastikan semua jaringan sudah terhubung. Caranya : Klik PC (yang diinginkan) >> Dekstop >> Command Prompt >> ketik ping(spasi)IP Address dari jaringan yang berbeda. Seperti gambar berikut.
    Tampilan Pengetesan yang berhasil
    NB : Akan lebih baik kalau setiap perangkat terutama PC di beri tulisan alamat IP nya, agar memudahkan saat pengetesan koneksi.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat😀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar